Intrik Sosial Politik Di Balik Kisah ‘’Persekutuan Abadi”
A. Sepatah kata
Awalnya kerajaan Buton bukanlah Kerajaan yang kaya, namun wilayahnya yang strategis sebagai jalur perdagangan menjadi incaran oleh kerajaan-kerajaan tentangganya seperti Ternate dan Gowa termasuk VOC, dan juga Inggris pada akhir abad ke-18. Perebutan pengaruh kekuasaan menjadikan Buton harus memilih “Sahabat” yang mampu melindungi kedaulatan Kerajaan Buton, dan hasilnya pada tanggal 17 desember 1613 tercetus perjanjian “Persekutuan Abadi” dengan VOC, yang menghasilkan berbagai intrik, sosial politik, sepanjang sejarah Kesultanan baik dari dalam maupun luar pemerintahan Kesultanan Buton. Berakhirnya dominasi Belanda di nusantara 1824 (perjanjian London 1824) menjadikan Kesultanan Buton mengalami kemajuan dan justru banyak memberikan bantuan kepada Belanda antara lain ikut mengadakan persetujuan sepihak dengan Belanda (1824), mendamaikan Kerajaan Bone dengan Belanda melalui perjanjian Bongaya (1824) dan ikut serta dalam perang Diponegoro (1825-1830) (mu'jizah 2007). Perubahan yang menonjol terjadi ketika Buton menjadi ibukota Afdeeling Sulawesi Timur pada tahun 1911 dan pada tahun 1915, Afdeling Buton dan Laiwui (Kendari) digabungkan dengan Bungku dan Mori yang dipusatkan di Buton. Selanjutnya Buton menjadi Kota pusat urbanisasi dan perdagangan terbesar di bagian timur. Tahun 1960 Buton menjadi bagian Indonesia, yang menandakan berakhinya pula Kesultanan Buton, juga sempat menjadi Ibu Kota Sulawesi Tenggara sampai tahun 1964. (Rabani La Ode;2004).
B. Perang Buton
1. Perang Buton dengan Armada kapal La Bolontio (akhir abad ke -15!)
Perang besar pertama yang tercatat dalam sejarah Kerajaan Buton yaitu perang melawan Armada kapal La Bolontio yang menguasai perairan banda pada akhir abad ke-15!. Tidak banyak literature yang menjelaskan asal dari La bolontio. Beberapa Sumber menyebut bahwa Labolontio adalah seorang Bajak Laut yang menguasai kepulauan Moro di Filipina, perairan banda sampai selayar. Namun dalam manuskrip Buton, tercatat bahwa labolontio adalah seorang kapten laut dari kepulauan Tobelo Kesultanan Ternate. La bolontio memimpin pasukan laut dibawah perintah Sultan Ternate ke-4 Sultan Baabullah Datu Sah (1570-1584), untuk memperluas wilayah kekuasaannya juga dalam rangka menyebarkan pengaruh Islam di kawasan timur Nusantara termasuk Buton, Bima, Selayar dan Makassar yang pada saat itu kebanyakan Kerajaan masih beragamakan Hindu. Penyerangan Armada Labolontio ke Buton terjadi pada saat kerajaan Buton masih dipimpin raja ke-5 Rajamulae ( sampai dengan 1491). Disini terlihat ada perbedaan interval waktu yang sangat jauh antara masa Rajamulae dengan Sultan Baabulah yang terpaut hampir 90 tahun. Namun jika di konversi ketahun Rajamulae maka diperoleh kemungkinan kesamaan waktu antara Raja Buton dengan Sultan Ternate pada masa Pemerintahaan Sultan pertama Ternate Zainal Abidin (1486-1500).
Kehebatan Armada Laut Labolontio sangat disegani dan merupakan ancaman yang menakutkan bagi kerajaan-kerajaan lain pada saat itu. Dalam rangka mempertahankan kerajaannya, Raja Mulae meminta kerajaan-kerajaan Baratha [daerah penunjang pertahanan kesultanan Buton yang memiliki raja sendiri (Wuna ( Muna ), Kulisusu, Tiworo dan Kaledupa)] untuk mempertahankan kerajaan Buton. Adalah La kilaponto [anak dari Sugimanuru (Raja wuna ke-3) dan cucu dari Bataraguru (Raja Buton ke-3) yang kebetulan juga adalah kemenakan dari Raja mulae] yang pada saat itu menjadi raja Wuna VII memimpin penyerangan terhadap Armada Labolontio bersama Raja Selayar Opu Manjawari didukung rakyat Muna dan Kulisusu. Peperangan Armada laut Buton–Selayar dengan Pasukan Armada Labolontio dimenangkan oleh pasukan Lakilaponto bersama Opu Manjawari di daerah yang sekarang lebih di kenal dengan nama Labuantobelo (Labuan = Pelabuhan/persinggahan ; Tobelo = Daerah/pulau Tobelo). Berkat Jasa keduanya, maka Kerajaan Buton mengankat Lakilaponto menjadi Raja ke-6 Buton (1491-1527) yang selanjutnya menjadi Sultan ke-1 Buton dengan gelar Sultan Kaimuddin khalifatul khamisi (1528 – 1537) [tahun kesultanan ini saya pakai merujuk pada penelitian La Niampe tentang sejarah masukanya islam ke tanah Buton] dan Opu manjawari mejadi Sapati di Kerajaan Buton.
Pengangkatan Lakilaponto menjadi Raja Ke-6 Buton dan Opu Manjawari dari selayar menjadi Sapati di Buton dapat menjelaskan bagaimana Kedudukan Kerajaan Buton terhadap kerajaan disekililingnya. Begitupun kerajaan Selayar Namun ada yang khusus bagi Raja Selayar Opu Manjawari. Apakah Raja Selayar mempunyai hubungan darah dengan raja Buton, ataukah Selayar merupakan bagian dari kerajaan Buton atau Sahabat Kerajaan buton, atau sahabat raja Muna? Atau apa yang sebenarnya telah terjadi di Selayar? Namun ini agak sangat sulit dijelaskan dan perlu pengkajian sebab keberhasilan seorang Raja Selayar mengalahkan Pasukan Labolontio menjadikan dirinya Pati kerajaan Buton, walaupun pada akhirnya cucu dari Sapati Manjawari hasil perkawinan dari anak perempuanya dengan Lakilaponto bernama La Sangaji menjadi Sultan Ke-3 Buton (1566-1570). La Sangaji merupakan Sultan yang merintis pembangunan Benteng Keraton Wolio yang merupakan benteng pertahanan terkuat di zamannya serta menjadi saksi perang kesultanan Buton yang masih kokoh hingga sekarang.
2. Perang Buton – Ternate (1580!)
Dibawah
kepemimpinan Sultan Baabullah, Kekuatan armada perang Kesultanan Ternate begitu
menakutkan bagi kerajaan-kerajaan disekitarnya dan juga pada saat itulah
kesultanan Ternate berhasil memperluas wilayah kekuasaannya. Kesuksesan Sultan Baabullah ini, menjadikan dirinya
sebagai sultan yang berjulukan penguasa 72 pulau/negeri. Pada masa kejayaan
Sultan Baabulah Datu Syah, kesultanan Ternate berambisi memperluas wilayah
kekuasaannya dengan dalil penyebaran agama Islam. Ekspansi kesultanan Ternate
ini menjadi ancaman bagi kerajaan-kerajaan disekitarnya, termasuk Buton,
Selayar dan Gowa. Pada tahun 1580!, pasukan
ternate yang mengekspansi Kesultanan Buton, kemudian berhasil menduduki salah
satu wilayah barata Kesultanan Buton, yaitu Kerajaan Muna (Pansiano). Semenjak
saat itu, VOC yang baru menginjakan kakinya di Nusantara mengaggab bahwa
Kesultanan Buton merupakan wilayah dari Maluku (kesultanan Ternate).
3. Perang Buton – Belanda . (1637 – 1638)
Hubungan diplomatic yang di sepakati antara VOC dengan kesultanan buton sejak Kesultanan ke- 4. Sultan La Elangi (Dayanu Iksanuddin ; 1578-1615 M) dengan di ikrarkannya “Persekutuan Abadi” oleh Apollonius Scotte dibawah Gubernur Jendral Pieter Both tahun 1613 lambat laun semakin retak, ini disebabkan karena kebanyakan dari anggota garnisium Belanda selalu menipu dan berbuat sesuatu yang arogan terhadap rakyat Buton. Keadaan ini memicu ketidakpercayaan didalam petinggi Kesultanan untuk melanjutkan perjanjian tersebut, hingga terjadi penyerangan kapal Velzen milik VOC yang didukung Sapati Kesultanan yang menentang perjanjian. Penyerangan kapal dagang VOC yang terdampar di salah satu wilayah kadie (wilayah kecil kesultanan dibawah perintah kesultanan Buton) di pulau Wawoni menimbulakan kesalahpahaman dan perpecahan yang berakhir dengan peperangan.
…Walau bagaimanpun, anggota garnisun baru Belanda di
Bau-Bau itu ternyata“bermain bak binatang
dengan cara yang menjengkelkan” (Ibid.:308), sehingga Sultan dan rakyatnya
merasa “amat terganggu” (Idem). Hasilnya, pada pertengahan tahun 1613 gabenor
jeneral VOC P.
Both singgah di Buton dan menjatuhkan hukuman ke atas “binatang” VOC itu. Schoorl
dalam pembahasannya mengenai sejarah Buton memberitakan dengan terperinci
kejadian itu, termasuk suatu penipuan antara orang VOC sendiri
(1991:27; 2003:22-23).
Pada tahun 1624, Sultan Buton meminta bantuan
daripada Belanda untuk mempertahankan
kerajaannya dari serangan Makassar. Tetapi, VOC
tidak menghiraukannya sehingga pada tahun 1634 laporan
bahawa Buton telah menjadi
daerah taklukan Kerajaan Gowa-Makassar diterima. Ternyata banyak
perselisihan telah berlaku dengan
penaklukan Makassar itu dan penggantian takhta kerajaan Buton pada tahun
1635/36 menjadi alasan suatu konflik yang mendalam telah berlaku dalam
pemerintahan Buton. [Makassar] di bawah sapati,
semacam “perdana menteri” kesultanan, mendukung pembantaian awak sebuah fluyt VOC, Velzen,
yang terkandas di Pulau Wowoni, serta pembunuhan, penawanan dan penyiksaan terhadap
kakitangan sebuah kapal dagang peribadi Belanda yang singgah di Bau-Bau. Sultan
menempatkan isteri nakhoda kapal partikulir Belanda yang ikut ditahan, Elsje
Janszoon, itu di rumah isterinya sendiri dengan diberi layanan dengan baik, di
mana ia “menginap sebagai tamu [dan] selalu diperlakukan dengan baik” (Schoorl
1991:32-34, 2003:30-31). Akhirnya, pada tahun 1637 dan – dalam skala lebih
besar– tahun 1638 VOC menyerang Bau-Bau, “met intentie […] in d’assche te
leggen tot revengie ende exempel van de leelycke moort” (“dengan maksud […]
dihanguskan habis sebagai balas dendam dan contoh atas pembunuhan yang keji
itu”) (Schoorl 1991: 311). Akan tetapi, kedua-dua serangan itu tidak berhasil
merebut
benteng Wolio yang merupakan pusat Kesultanan Buton.
Setelah itu, hanya sesekali terjadi hubungan antara Belanda dan Buton, di mana
“dari kedua belah pihak terlihat sikap berhati-hati” (Schoorl 1991:34-38,
2003:31-38 ( Horst h. Liebner;2007)
catatan Schoorl sangat jelas menggambarkan hubungan Kesultanan Buton dan VOC yang pasang surut dan berakhir dengan perang yang sangat dasyat. Sultan ke-5 Sultan La Balawo (1617-1632) merasakan ancaman invasi dari kerajaan Makassar yang telah menaklukan Selayar, sehingga Sultan berinisiatif untuk meminta bantuan kepada Belanda yang berada di Batavia jikalau nantinya kerajaan Gowa menyerang Buton, mengingat Makassar adalah salah satu kerajaan yang kuat pada masa itu, namun surat tersebut ternyata tidak dihiraukan. Keadaan ini membuat konflik internal dalam Kesultanan Buton, akibat hilangnya kepercayaan petinggi Kesultanan Buton (Sapati) terhadap Belanda namun sebagian lagi golongan masih mengharapkan bantuan dari Kerajaan Belanda sebagaimana keyakinan mereka terhadap perjanjian persekutuan abadi yang telah di ikrarkan oleh Sultan terdahulu. Schloor juga menjelaskan bagaimana Penyerangan di bawah pimpinan Sapati yang mendukung penyerangan menghancurkan kapal – kapal VOC yang terkandas di pulau Wawonii dan melakukan pembantaian awak sebuah Fluyt VOC, Velzen, serta pembunuhan, penawanan dan penyiksaan terhadap kakitangan sebuah kapal dagang peribadi Belanda yang singgah di Bau-Bau. Meskipun Sultan menempatkan isteri nakhoda kapal partikulir Belanda yang ikut ditahan, Elsje Janszoon, itu di rumah isterinya sendiri dengan diberi layanan dengan baik, di mana ia “menginap sebagai tamu dan selalu diperlakukan dengan baik ‘’ Namun tidak menyurutkan keinginan Belanda untuk membumi hanguskan Kesultanan Buton, untuk memberi pelajaran atas kekejian yang (menurut mereka) dilakukan atas perintah Sultan Buton.
Penyerangan pertama Belanda dilakukan pada akhir tahun 1637 di lanjutkan penyerangan kedua tahun 1638 dengan jumlah armada dan persenjataan yang lebih besar. Serangan armada VOC terjadi pada masa pemerintahan Sultan Buton ke-6 Sultan La Buke (1632-1645). Pertempuran tersebut sangat dasyat dan menimbulkan banyak korban dari kedua belah pihak. Meskipun banyaknya korban yang berjatuhan dari pihak Buton, sampai pertempuran berakhir, armada Belanda tidak berhasil menjatuhkan dan merebut benteng keraton Wolio dimana merupakan pusat Kasultanan Buton.
4. Perang Buton - Makassar di Teluk Buton (1666-1667)
Perang Buton dengan kerajaan Makassar adalah konskuensi atas tindakan Kesultanan Buton yang memberi suaka politik pada Aru palaka yang melarikan diri bersama beberapa pengikutnya atas kejaran kerajaan Makassar di bawah pimpinan Sultan Hasanuddin (1631 – 1670). Sebagaimana yang diterangkan dalam kajian horst h. Liebn 2007 Mac Leod dapat menerangkan alasan Speelman membantu Kesultanan Buton pada saat di serang pasukan Makassar awal tahun 1667, yaitu dikarenakan Speelman merasa berhutang atas bantuan Sultan yang telah menyelamatkan 600 armada VOC beserta muatan dan alat persenjataannya termasuk yang telah di ambil oleh nelayan setempat (sagori), ketika 4 dari 5 Armada VOC yang menuju Ternate karam di kepulauan Sagori tahun 1650, meskipun saat itu hubungan VOC dengan Buton masih renggang.
…Demikian juga dengan sebahagian besar muatan dan
senjata VOC yang telah diselamatkan dengan yang lain diambil orang
tempatan. Yang paling penting adalah berkembangnya hubungan persahabatan antara
orang Buton dan pendatang dari Eropah: Selain terjalinnya hubungan diplomat
yang erat antara VOC dengan Kerajaan Wolio (yang kebetulan pada awal
tahun 1667 adalah alasan bagi Laksamana Speelman untuk membantu Sultan Buton ketika
diserang armada Makassar!), (Mac Leod 1927:429).
Dipimpin Karaeng Bonto Marannu, Armada Kerajaan Gowa didukung kesultanan Bima dan Luwu dengan 700 Armada kapal dan 20.000 prajurit menyerang Kesultanan Buton pada akhir tahun 1666, yang pada saat itu kesultanan Buton berada dibawah pemerintahan Sultan ke-10 La Simbata (Sultan Adilil Rakhiya; 1664-1669 M), Pertempuran hebat diteluk Bau-bau oleh kesultanan Buton di bantu dengan Belanda dibawah pimpinan Cornelis Speelman dan prajurit Bone bertempur melawan Armada kerajaan Gowa. Pertempuran tersebut mengakibatkan kekalahan besar bagi kerajaan Gowa. Dan ribuan prajurit termasuk Karaeng Bonto Marannu di tawan dan di asingkan di Liwuto Makasu (baca; pulau Makasar). Dalam catatan Belanda, Pulau Makkasar dinaman juga “Makassarsch Kerkhof” atau Kuburan Makassar. Adalah mantan Sultan Ke-9 Buton yang kemudian membebaskan dan memulangkan mereka, sedangkan Daeng Mandangi dan Daeng Mandongi, Serta Karaeng Gasalah kawin dengan penduduk setempat.
Tentang Aru Palakka (baca; Arung Palakka ) dalam sejarah Bone menceritakan, Meskipun Aru Palakka tumbuh besar dalam didikan kerajaan Makassar, namun Aru Palakka adalah bangsawan yang tidak suka pada pemerintahan Hasanuddin yang menjadikan rakyatnya sebagai perkerja (budak). Kesewenang-wenagan pemerintahan Gowa memberlakukan rakyat Bone memicu rasa siri (harga diri) bagi Aru Palakka. ketidaksenangan Aru Palaka ini di wujudkan dengan pemberontakan terhadap kerajaan Makassar. Namun Aru palaka tidak dapat melawan gempuran kerajaan Makassar sehingga memaksa Aru Palakka bersama Tobala mencari perlindungan meninggalkan Bone dan pergi ke Buton dengan beberapa ratus pengikutnya.
Ada kisah yang menarik sehubungan dengan pelarian Bangsawan Bone Aru Palakka ke Negeri Buton. Pada saat pengejaran kerajaan Makassar sampai ke Buton. Utusan Makassar Karaeng ri Gowa menanyakan keberadaan Aru Palaka kepada Sultan Ke-9 La Awu (Sultan Malik Sirullah ;1654-1664 M) namun pertanyaan itu dijawab dengan sumpah yang menyatakan bahwa “Aru palakka tidak ada di atas tanah Buton ini, Jika ucapanku salah, maka air akan menenggelamkan negeri Buton”. Sumpah ini diterima dan dianggap sah yang tentu saja mengecewakan prajurit kerajaan Makassar yang pulang tanpa hasil. Namun sesungguhnya pada saat Sultan Buton mengangkat sumpah, Aru Palakka memang berada di Buton, tetapi bersembunyi di dalam ceruk goa yang berada tepat di bawah benteng Keraton Buton (Baca; Liana La Toondu). Belakangan keberadaan Aru palaka diketahui Kerajaan Gowa yang ternyata berada di Buton sejak tahun 1660. Kejadian ini membuat Sultan sakit hati dan marah karena keberanian Buton melindungi Aru Palakka serta merasa tertipu oleh sumpah Sultan Buton. Rasa marah Sultan membuat kerajaan Gowa mengirim armada perangnya melakukan penyerangan secara besar-besaran ke Buton demi menghancurkan Kesultanan Buton dan menangkap Aru Palakka hidup atau mati. Peristiwa pelarian Aru palaka ke Kesultanan Buton dan upaya penyelamatan dengan menggunakan sumpah, menjadi buah bibir dan selalu di kenang bagi masyarakat Bone – Buton hingga sekarang.
5. Perang Makassar (1966 – 1969)
Kekalahan besar pasukan Armada kerajaan Gowa di Buton melemahkan pertahanan kerajaan Gowa di Makassar. Hal ini dimamfaatkan oleh kerajaan-kerajaan yang sebelumnya berada di bawah tekanan Kerajaan Gowa, kembali balik menyerang. VOC dibawah pasukan Speelman, Ternate dibawah Sultan Mandarsyah (1645-1675), Buton dibawah Kapitalao Jitanggalawu dan Bone di Bawah pasukan Aru palaka melakukan penyerangan besar-besaran ke Makassar baik dari laut maupun darat pada tahun 1667. Makassar di bawah pimpinan Sultan Hasanuddin dan Armada Karaeng Galesong mendapat pukulan hebat dan kekalahan besar sehingga memaksa Sultan Hasannudin tunduk dan menandatangani perjanjian Bongaya November 1667. Berjanjian tersebut merupakan kemunduran besar bagi kerajaan Gowa karena harus melepaskan dominasi kekuasaannya terhadap kerajaan-kerajaan lain dan salah satunya pelepasan pemerintahan atas kerajaan Bone. Meskipun perjanjian Bongaya sudah disepakati namun serangan sisa-sisa perlawanan kerajaan Gowa yang menentang perjanjian tersebut masih terus terjadi (1668). Nanti setelah tahun 1669 perlawanan selesai setelah benteng Somba Opu telah rata dengan tanah.
….Pelayaran padah itu adalah sebahagian daripada
ikhtiar VOC yang telah menjadi sebuah kekuatan politik dan
tentera untuk menguasai sumber rempah ratus itu. Pergelutan untuk penguasaan
atas sumber rempah ratus di Maluku itu hanya berakhir dengan penaklukan
Makassar oleh bala tentara gabungan Bugis-Ternate-Buton-Belanda dalam Perang
Makassar, 1666-69 dengan ditundukkannya Ternate pada tahun 1677/1684 (Chaudhuri
1985; Reid 1988-1993) . (horst h. Liebner;2007)
Kutipan Naskah teks surat kapitalao Buton Jitawanggalu yang berada bersama Sultan Ternate Sultan Mandarsyah (1645-1675) Oktober tahun 1669 yang di tulis di Makassar kepada Gubernur Jenderal VOC, Joan Maetsuycker di Batavia. Naskah surat tersimpan di UB leiden Belanda dengan Kode K.Ak.98
…. “[S]ahabat Kapiten Laut [Buton] mem[b]eri maklum kepada Gurnadur Jen[d]ral tatkala disuruh oleh Sahabat Raja Buton kami mengiringkan Paduka Sri Sultan Ternate sama2 mengikut pada A[d]miral Cornelis Speelman ke Tanah Mengkasar supaya kami mengerjakan kerja kita”…..
… “Tertulis dalam Benteng Parinringa yang be[r]dekatan dengan kota Rotterdam dua lapan (<sembilan>; kata sisipan, Suryadi) likur hari dari bulan Jumadil Awal pada tahun Jim hijrat al-Nabi Salallahu alaihi wassalam seribu dua lapan puluh genap”. (Suryadi; 2009)
Jelas bahwa K.Ak.98 ditulis tak lama setelah Gowa dikalahkan oleh VOC di bawah pimpinan Cornelis Speelman. Isi surat ini cukup menggambarkan posisi politik Buton selepas Perjanjian Bongaya (1667) melalui mana VOC berhasil menekan ambisi politik Kerajaan Gowa yang sering menginvasi kerajaan-kerajaan tetangganya, termasuk Buton (Suryadi; 2009).
6. Perang Buton Belanda tahun 1752 dan 1755 - 1776
Perjanjan Bongaya tahun 1667 di Makassar ternyata tidak memberi pengaruh yang luas terhadap Kesultanan Buton, walaupun kenyataannya Kesultanan Buton mepunyai andil yang sama dengan Ternate dalam upaya penaklukan Makassar 1666-1669. pemberian porsi kekuasaan yang besar terhadap kerajaan ternate dan VOC/kompeni sendiri dirasa sebagai upaya pengurangan kekuatan/ wilayah kekuasaan Buton dan sebagai usaha adu domba dengan Kerajaan Ternate. Salah satu pasalnya yaitu dengan memberikan pengakuan wilayah seluruh pantai timur Sulawesi dari Menado ke Pansiano (Wuna) adalah dulunya merupakan milik raja Ternate (pasal 17). Disamping itu perjanjian yang berkaitan dengan monopoli dagang Hindia-belanda dengan dihapuskannya bea dan pajak impor maupun ekspor terhadap kompeni (pasal 8) yang diterapkan diseluruh persekutuan Belanda, dampaknya mulai dirasakan Kesultanan Buton yang saat itu mengakibatkan hilangnya salah satu pemasukan kerajaan sebagai daerah transit kapal-kapal yang menuju ke timur (Ternate-Ambon-Papua) dan ke barat (Makassar-Jawa-Bali).
hubungan
Buton-Kompeni sangat tegang dalam period pemerintahan Sultan Buton ke-20 dan
23, Himayatuddin, alias Oputa Yikoo alias Lakarambau (1751-1752 &
1760-1763). Seperti Sultan Azim Al-Din, Sultan Himayatuddin tidak mengindahkan
isi perjanjian 1667 yang disemak Kompeni untuk kepentingan mereka sendiri.
Selain itu, ada sebab lain pemicu ketegangan itu, iaitu peristiwa tenggelamnya
kapal Rustenwerk milik VOC di luar
pelabuhan Bau-Bau tahun 1752 yang kononnya diserang orang Buton. (Suryadi 2007)
Adalah sultan Buton ke- 20 dan 23 La Karambau ( Sultan Himayatuddin ; 1751-1752 dan 1760-1763) yang mencoba melakukan perlawanan terhadap arogansi dari Kompeni. La karambau tidak mengindahkan perjanjian 1667 yang dianggapnya sangat menguntungkan kompeni. Salah satunya aksinya yaiu dengan melakukan penyerangan terhadap kapal Rustenwerk milik kompeni Belanda di bawah pimpinan Kapten Mazius Tetting. Kejadian bermula pada saat Sultan mengirim beberapa orang menuju kekapal Belanda yang sedang berlabu di perairan Buton untuk menegosiasikan pembayaran. Namun kompeni tidak mau mau membayar ongkos berlabu dan akhirnya terjadi pertengkaran dan saling menyerang. Utusan Buton lalu membunuh dan menawan sebagian kelasinya dan menjarah isi kapal pada 28 juni 1752. Peristiwa tersebut membuat marah kompeni dan hubungan Buton-Belanda menjadi renggang. Kemarahan kompeni ditampilkan dengan meminta seribu orang budak sebagai ganti rugi. Bagi La Karambau hal ini tidak dapat kabulkan dan justru menentang permintaan dari pihak Kompeni tersebut. Akibat tindakan Sultan La Karambau, Kompeni Belanda mengirim pasukannya pada akhir 1752 di bawah pimpinan Johan Benelius menyerang Buton.
…..Orang ini mewakili pihak yang berkuasa di Buton.
Dia dan anak buahnya datang ke kapal itu untuk merundingkan perdagangan dengan
Kompeni. Kedatangan mereka disambut awak kapal Rustenwerk bernama Andries Wylander dan Frans Franz dibawa
menghadap kapten kapal. Rundingan itu berlangsung selama 5 jam diselingi makan
dan minum-minum (juga minum wine).
Namun, kemudian terjadi salah paham antara Frans Fransz dan kapten kapal. Frans
Fransz dengan anak buahnya mengamuk di atas kapal itu. Akhirnya, kedua-dua
belah saling menyerang dan membunuh dengan memakai pistol dan senjata tajam.
Dua belas orang terkorban dalam kejadian itu dan para pengikut Frans Fransz
menjarah isi kapal itu. Akibat peristiwa itu, hubungan Buton-Kompeni menjadi
tegang. Kompeni marah dan minta ganti rugi dengan “[me]mintak seribu kepalah
budak” (meminta seribu orang budak) kepada pihak Buton (kode: 23/Jawi/18/4;
koleksi Faoka Zahari, Bau-Bau, hlm.3 baris 21-22). Pihak Buton tidak dapat
memenuhi permintaan itu dan akhirnya Kompeni menyerang Buton pada awal 1752 di
bawah pimpinan Johan Benelius. Pada 24 Februari 1755, Kompeni menyerang Buton
lagi di bawah pimpinan Kapten Johan Casper Rijsweber. Mereka menggempur Keraton
Wolio, mengakibatkan tewasnya beberapa orang petinggi kesultanan, antara lain kapitalao matanayo La Ode
Sungkuabuso, dan beberapa orang sapati
(A. Said, email 18-11-2005). ( Suryadi 2007)
Demi mempertahankan kedaulatan kesultanan Buton, La Karambau turun memimpin perlawanan melawan Kompeni. Untuk mengisi kekosongan Pemerintahan maka Kesultanan Buton mengankat Sultan ke-21 Hamim (Sultan Sakiyuddin; 1752-1759) yang juga ternyata menetang keberadaan Kompeni. Kompeni tidak menyangka mendapat perlawanan hebat dari La Karambau yang juga di dukung Sultan Hamin, membuat mereka harus mundur. Hasilnya kompeni menambah armada perang kembali menyerang Buton pada februari 1755 di bawah pimpinan Kapten Johan Casper Rijsweber menggempur Keraton Buton. kembali kompeni mendapat perlawanan hebat dari pasukan La Karambau, walaupun tidak sehebat seperti pada awal perlawanan. Pasukan kompeni berhasil memukul mundur pasukan La karambau sehingga memaksa pasukan La Karambau harus melakukan penyerangan secara gerilya dihutan-hutan yang dipusatkan dibenteng siontapina. Tehnik perang gerilya tersebut ternyata sangat berhasil dan mengusir pasukan Kompeni dari tanah Buton. Keberhasilan La karambau dalam mengusir pasukan Kompeni mejadikan dia dinobatkan kembali menjadi Sultan Buton Ke-23 menggatikan Sultan ke-22 yang menjabat cuma setahun La Seha (Sultan Rafiuddin; 1759-1760) dengan tambahan gelar Sultan Himayatuddin Oputa yi koo dalam makna Sultan Himayatuddin (La Karambau) Raja di hutan (1760-1763).
Kembalinya La Karambau menjadi Sultan Buton ke-23 mendapat banyak pertentangan dari kalangan petinggi kesultanan termasuk juga mendapat tekanan dari Kompeni. Hal ini bagi sebagian kalangan, pengangkatan kembali Sultan La Karambau yang terlalu kritis terhadap kompeni dapat merusak perjanjian ”Persahabatan Abadi Buton-Belanda” yang telah di ucapkan oleh Sultan-sultan terdahulu. Karena desakan itu maka terjadi pergantian kepemimpinan dengan diangkatnya La Jampi (Sultan Kaimuddin;1763-1788) sebagai sultan Buton yang ke-24. Dan oleh Belanda, La Karambau menjadi orang yang paling dicari untuk di bunuh sebagai pertanggungjawaban atas tindakannya melawan serta membunuh banyak Kompeni. Meskipun telah turun tahta La Karambau memiliki banyak pengikut setia dan terus melakukan perlawanan terhadap Kompeni. Perlawanan yang dipimpin La Karambau tersebut kembali mengakibatkan banyaknya korban yang berjatuhan. Satu pejabat tinggi bersama anak dan cucu La Karambau di tawan dan dibawa ke Belanda. Penyanderaan anak dan cucu ini tidak menyurutkan hatinya untuk memerangi Belanda, justru ia melanjutkan perlawanannya dengan strategi perang rakyat semesta bersama rakyat desa-desa dipantai timur Buton dengan taktik gerilya yang kembali berpusat di puncak gunung Siontapina. Perjuangan Lakarambau melawan kezaliman dan ketidak adilan Belanda tersebut berlangsung selama 24 tahun (1752-1776) sampai ajal menjemputnya di puncak gunung Siontapina. (Mane Oba La Ode; 2009). Perang melawan Kompeni tersebut banyak menelan korban dari kedua belah pihak. Di Buton, antara lain Sapati (pejabat tinggi Kesultanan),Bonto Ogena, Raja Lawele dan Tondana mantan raja Rakina dan termasuk kapitalao matanayo La Ode Sungkuabuso gugur dalam mempertahankan kedaulatan negrinya. ( zuhdi;1999 : Ligvoet, 1878-78-9)
Sultan ke-24 La Jampi mencoba kembali menjalin hubungan Buton-Belanda yang telah retak. demi terciptanya hubungan kedua belah pihak, Sultan mengadakan persetujuan sepihak dengan Kompeni pada tanggal 12 maret 1766 yang hasilnya merugikan Kesultanan Buton. Inti dalam perjanjian adalah bahawa Belanda memasukkan Kerajaan Buton ke dalam Pax Neerlandica. kepada Kompeni, perjanjian ini adalah perluasan dari kontrak perjanjian pertama antara Buton dengan Belanda yang ditandatangani pada 17 Desember 1613 yang mengikat Persekutuan Abadi antara Buton dan Belanda (Schoorl 2003:69, n.4).v. Perjanjian ini mendapat perlawanan yang keras terutama bagi Sultan ke-25 La Masalamu (Sultan Azim Al-Din ; 1788-1791). Sultan Azim Al-Din dengan tegas meminta pihak Kompeni untuk meninjau kembali Perjanjian 1766 yang isinya merugikan pihak Buton. Salah satu pasal dalam perjanjian itu yang tidak disukai Sultan Azim Al-Din adalah ketentuan bahawa setiap penggantian sultan Buton harus dilaporkan kepada wakil Kompeni di Makassar (pasal 28). Pasal itu juga mengatur bahawa pihak Buton wajib berunding terlebih dahulu dengan Kompeni mengenai setiap calon Sultan baru mereka dan juga yang akan diturunkan dari takhtanya. Pasal ini jelas bertentangan dengan semangat perjanjian pertama Buton-Kompeni (Perjanjian 1613) dengan kedua-dua pihak berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Jika dalam perjanjian 1766 Buton harus melaporkan setiap penggantian sultannya kepada Kompeni (yang mengisyaratkan pengetatan kontrol politik oleh Kompeni kepada Buton), maka masuk akal apabila Sultan Azim Al-Din yang ingin mempertahankan kebebasan Buton tidak dapat menerimanya. Dengan kata lain, Sultan Azim Al-Din menilai Kompeni sudah terlalu jauh ikut campur tangan dalam urusan politik internal Buton. Baginda cukup kritis dan tidak mahu tunduk kepada kemahuan Kompeni yang memang terkenal doyan kontrak. Kini, hampir 30 tahun kemudian, Sultan Azim Al-Din yang sedang berkuasa ingin agar kontrak perjanjian itu disemak lagi, melanjutkan protes para pendahulunya. Nada warkah balasan Kompeni itu cukup keras, walaupun mereka akhirnya mahu menyemak pasal 28 dalam perjanjian baru itu. Kompeni kesal dengan Sultan Azim Al-Din yang mengatakan bahawa Baginda tidak tahu-menahu isi perjanjian 1766. Itu tidak masuk akal, sebab sudah berkali-kali pihak Kompeni dan pembesar Buton saling berkirim warkah membahas perjanjian itu, baik sesudah ‘dipersumpahkan’ atau sebelumnya. Anihnya, tidak lama selepas itu, Sultan Azim Al-Din turun takhta dan Sultan Muhyiuddin Abdul Gafur naik takhta menggantikannya. (Suryadi 2007).
7. Perang Buton – Papua dan Seram 1796-1799!
Sebagai Sultan baru di Buton,Sultan ke-26 La Kopuru (Muhyiuddin Abdul Gafur; 1791-1799) berusaha memperbaiki hubungan Buton-Kompeni yang tegang pada tahun-tahun sebelum baginda naik takhta. Selain itu, ada juga dikesani bahawa secara peribadinya Sultan Muhyiuddin lebih dekat kepada Kompeni berbanding dengan Sultan Azim Al-Din. Langkah untuk mendekatkan diri dengan Kompeni adalah semacam strategi politik Sultan Muhyiuddin kerana Baginda menghadapi persoalan politik dalaman yang serius, selain ancaman dari luar. Ancaman luar yang terus menerus dirasakan Buton adalah perlumbaan pengembangan kuasa dari dua buah kerajaan besar jirannya: Ternate dan Makassar. Oleh itu, Sultan Muhyiuddin tetap bekerjasama dengan Belanda, penaung utama yang sejak dahulu lagi telah melindungi mereka. Sultan Muhyiuddin juga tidak lupa mengingatkan Kompeni agar jangan mengabaikan Buton, baik dalam masa damai atau dalam keadaan terancam. Ancaman luar juga datang dari orang-orang Seram (ditulis “Seran”) dan Papua. (Suryadi 2007)
Supaya
lebih memahami kondisi kerajaan Buton saat itu , penulis coba menampillkan
naskah teks surat (warkah) Sultan Buton kepada Gubernur jenderal di Batavia pada
tanggal 31 Oktober 1796, yang penulis kutip dari Warkah Koleksi Universiteitsbibliotheek Leiden CoD.
Or. 2240-IA oleh Suryadi
Qawluhu al-haqq wa-kalamuhu al-sidq,
Bahwa inilah warkat al-mahbat dipesertakan dengan tabi hormat al-ta’zim dan takrim daripada
Paduka Anakanda Sri Sultan Muhyiuddin raja Buton dengan segala wazir muazzam orang
besar2nya dan menteri2 serta sekalian bobato natiasa mengandung hati terang
benderang, barang disampaikan Allah Subhanahu
wataala datang kiranya mendapatkan ke bawah qadam kursi
Paduka Ayahandah Kompeni Tuan
Heer Gurnadur Jenderal di Betawi yang
memerintahkan sekalian alam Tanah Jawah dengan segala Tuan2 Raden van India
yang ada sertanya di dalam <di dalam> kota Kompeni bernama Intan Betawi
bandar yang kamaliyah…
…..
Jadilah Paduka Anakanda Sri Sultan dan segala wazir menteri2nya
dengan seboleh2 menyeru dengan sangat
permintaannya yang amat kasihan hatinya di bawah kemuliaan dan kemurahannya
oleh Paduka Ayahandah Kompeni Heer Gurnadur Jenderal dan segala Raden van India
di Betawi. Maka, jikalau ada kiranya suka dan rida
lagi percaya kepada Negeri Buton, maka kami minta mau beli
senapang barang empat ratus pucuk yang baik lagi bagus, dan obat empat puluh
pikul, dan timah dua puluh pikul dan batu api barang empat ribu bilangan
banyaknya. Maka, akan harganya telah juga di dalam surat utusan itu, tetapi di
dalam {h}ati pun permintaan
kami jikalau boleh dengan bolehnya, maka seyogianya Paduka Ayahandah Kompeni
ditolong kami, jangan kiranya memeri sia-siakan permintaan kami ini, karena di
dalam sukar Negeri Buton. Jikalau binasa Negeri Buton siapa lagi yang rugi dan
yang bercinta melainkan Paduka Ayahandah kompeni jua adanya.
Seperkara lagi,
Paduka Anakanda Sri Sultan dan segala wazir menteri2nya bermaklumkan Paduka Ayahandah Kompeni
Heer Gurnadur Jenderal dan segala Raden van India di Betawi perihal adapun
Negeri Papua dan Negeri Seran sudah berittifaq
hendak menyerang Negeri Buton pada masa
kehabisan daripada angin timur sekarang ini kehendaknya. Adapun jumlah bilangan
banyaknya selaksi dua
ribu orang yang menumpang kepada tiga ratus haluan perahunya. Maka, pada masa
sekarang ini setengah telah sudah datang. Maka, peri yang diserangnya telah
sudahlah empat negeri yang bernama Hawasangka dan Wawoluw dan Lasalimu dan Kaedupa serta dengan perkataannya: “Dimana negeri yang berpegang kepada Paduka
Ayahandah Kompeni iaitulah akan hal kami hendak membinasakan dia”. Dan lagi,
antara dua bulan ini telah sudah tiga kali yang membawa warta khabar yang sadiq kepada
kami. Pertama, orang Bugis dan orang Buton yang telah ditangkapnya, maka ia
lari kemari di Buton bersama2, lalu ia membawa warta khabar kepada kami seperti
demikian hal perkataannya: “Adapun orang Papua yang tiga ratus perahu dari sana
tiada lagi lain perginya hendak menyerang Negeri Buton.” Demikian jua adanya. Dan
yang kedua lagi, orang Binongko yang telah lari kemari demikian lagi perkataannya:
“Dimana2 negeri ang sekarang ini yang
ada berpegang kepada Kompeni Walandah yang tiada ia mengikut Inggris, maka
betullah kami membinasakan dia.” Dan
yang ketiga, warta khabar yang datang kepada kami akan suruhan kami yang
membawa surat kepada Gubernur di Mangkasar suruh bawa kepada Heer di sana dari Ternate. Maka,
peri tatkala ia kembali utusan kami ini, maka bersinggah dari Banggai dan serta
ia sampai dari Banggai utusan kami, maka raja Banggai telah adalah berkirim
surat kepada Paduka Sri Sultan Buton dengan disuruhnya lagi utusan kami itu
dengan segeranya kembali ke Buton. Demikianlah perkataannya: “Kembailah kamu
lekas berdapat kepada Paduka Sri Sultan di Buton supaya diingatnya perahu yang
tiga ratus di sana. Maka, tiadalah lain melainkan ke Negeri Buton jua hendak diserangnya.”
Maka, inilah Paduka Anakanda Sri Sultan dan segala wazir menteri2nya daripada
sebab ia membayangkan hal permintaan kami ke bawah daulat kemuliaan Paduka
Ayahandah Kompeni yang amat kuasa di Bawah Angin dengan <dengan>
seharap2nya hal permintaan kami ini dengan harap yang sempurna telah habis
dinyatakan jua adanya, demikianlah. ………
Sultan Muhyiuddin selalu melaporkan dengan rinci setiap peristiwa politik yang terjadi dalam kerajaannya ataupun memberi kabar tentang kapal-kapal Kompeni atau Inggris yang melintas di perairan Buton juga keamanan yang menyangkut perairan di Buton. ini di lakukan untuk menjaga hubungan diplomatic dengan Belanda di mana Belanda saat itu merupakan bangsa yang besar dan mampu memberi perlidungan dari ancaman oleh kerajaan atau bangsa lain.
Sekitar bulan September 1796, sultan Mahyuddin mendapat kabar dari dua orang yang lepas dari tangkapan armada Seram dan Papua dan melaporkan bahwa Prajurit perang dari Seram dan Papua datang ke Buton untuk menyerang dan menghacurkan kerajaan Buton. Kemudian kabar itu di benarkan juga oleh masyarakat Binongko dan juga utusan Buton di Makassar yang sedang menuju Ternate namun diperjalannan dia mendapat khabar dari kerajaan Banggai kalau Buton hendak di serang. Rupanya Kerajaan Seram dan Papua tidak suka dengan Belanda, sehingga mereka akan menghancurkan siapa saja kerajaan yang bersekutu dengan Belanda dan tidak mau berhubungan dengan Inggris. Dapat disimpulkan bahwa aksi penyerangan tersebut mendapat dukungan dari kerajaan Inggris, yang kebetulan pada akhir abad ke-18 dengan Belanda saling berebut pengaruh di wilayah timur Nusantara. Dengan membawa 2000 prajurit dan 300 Armada kapal didukung persenjataan dari Inggris, pada bulan Oktober seperdua dari Armada tersebut telah tiba dan menggempur wilayah Buton bagian barat (Mawasangka) dan Wawolowu, utara (Kulisusu) , timur (Kaledupa). Keadaan ini membuat Sultan Muhyiuddin meminta kepada Belanda untuk segera menjual peralatan perang dengan harga yang terjangkau. Belum ditahu kapan berakhirnya perang tersebut. Namun yang pasti, pada masa pemerintahan Sultan ke-27 La Badaru (Sultan Dayanu Asraruddin; 1799-1823), kesultanan Buton Aman dari serangan luar dan hanya tercatat sekali pemberontakan dari dalam yaitu aksi makar Muna (1816-1824). Ada kemungkinan penyerangan berakhir pada tahun 1799 di bawah pimpinan La Badaru, karena sudah menjadi kebiasaan di Kesultanan Buton, pemimpin perang yang membawa kemenangan menjadi alasan buat “Sarana” (Badan Legislative Kesultanan) untuk dipertimbangkan menjadi Sultan. Ini juga dapat di lihat dari masa jabatannya yang lama (24 tahun), dimungkinnkan karena prestasinya yang gemilang.
Sultan La Badaru Dayanu Asraruddin merombak beberapa aturan pemerintahan Kesultanan antara lain dengan membuat aturan Prosedur Militer dan aturan Sabandara (syahbandar).
Peristiwa penting yang terjadi di masa kekuasaan Sultan Asraruddin adalah ditutupnya perjanjian dengan Kompeni di Makassar pada 12 Januari 1804 (Ligvoet 1878:87). Sultan Asraruddin tampaknya cukup kritis kepada Kompeni dibanding sultan sebelumnya sultan Muhyiuddin Abdul Gafur.
8. Perang Buton melawan Bajak Laut tahun 1824
Pada masa pemerintahan Sultan ke-28 La Dani (Sultan Anharuddin;1823-1824), tercatat bahwa beberapa kapal Bajak laut yang datang dari timur singgah di daerah Pasar Wajo dan menyerang penduduk disana. Tidak di tahu siapa pemimpin Bajak Laut tersebut. Disamping itu Sultan La Dani harus membereskan pemberontakan dari aksi makar Barata Wuna yang juga merepotkan pemerintahannya. Muhammad Idrus yang juga pada saat itu adalah menantu dari Sultan Anharuddin tampil kedepan untuk memimpin pasukan menyerang dan menumpaskan aksi Bajak Laut. Bajak Laut tersebut berhasil dikalahkan dan Muhammad Idrus pulang dengan membawa kemenangan, lalu diangkat menjadi Sultan ke-29 menggantikan mertuanya yang cuma menjabat selama satu tahun.
Menurut Zahari (1977: III, 25-7) Sultan Anharuddin diturunkan dari kekuasaannya karena melakukan beberapa kesalahan dalam prosedur militer, antara lain dalam penumpasan Bajak Laut yang menyerang Pasar Wajo. Aksi penumpasan itu dipimpin oleh Muhammad Idrus, menantunya, yang kemudian menggantikannya menjadi Sultan dengan gelar Kaimuddin I. Zahari berspekulasi bahwa alasan pemberhentian Sultan Anharuddin sepertinya tidak kuat, “tetapi agaknya terkandung suatu rahasia pribadi dari Sultan Anharuddin terhadap anak mantunya [itu]” (Ibid.:26).(suryadi;2007).
9. Pemberontakan Dalam Pemerintaha Kesultanan Buton
Sepanjang pemerintahan Kesultanan Buton, selain mendapat tekanan dari luar, juga mendapat tekanan dari dalam. Aksi pemberontakan dan makar serta kerusuhan menghiasi perjalanan roda pemerintahan diantaranya kerusuhan di Wasongko dan Lasadewa akibat kasus Sapati Kapolangku yang menimbulkan terjadinya kesalahpahaman antara Ternate Buton tahun 1669. Disamping itu juga tercatat beberapa aksi pemberontakan dan makar yaitu sebagai berikut.
a. Kulisusu dan Wawoni tahun 1791 dan 1796
Sepanjang masa pemerintahannya, Sultan ke-26 La Koporu (Muhyiuddin Abdul Gafur; 1791-1799) menghadapi banyak masalah politik, ada yang bersifat dalaman dan luaran. Antara masalah dalaman itu adalah pemberontakan di Kalincusu dan Wowoni yang banyak memakan korban dan menghabiskan senjata Buton, sehingga Sultan memohon kepada “Gurnadur Jenderal” agar dapat menjual peralatan perang agar Buton dapat mempertahankan kedaulatannya ke atas keduadua wilayah itu. (Warkah B dan D; suryadi).
Naskah teks surat (warkah) Sultan Buton kepada Gubernur Jenderal di Batavia, yang penulis kutip dari Warkah Koleksi Universiteitsbibliotheek Leiden oleh Suryadi
WARKAH B: CoD.Or. 2240-IA tgl 21 September 1791
………..
Seperkara lagi, Paduka Sri Sultan dan segala wazir menteri2nya bermaklumkan Paduka Yang Dipertuan Heer Gurnadur Jenderal dan segala Raden van India di Betawi akan hal peperangan kami dengan Negeri Kalincusu sekarang ini. Maharaja Sapati dan Kapiten Laut telah sudah dimenangkan Allah, dikalahkannya Negeri Kalincusu jua adanya.
Syahdan, adapun Paduka Sri Sultan dan wazir menteri2nya serta ia melihat sudah kalah Negeri Kalincusu, lalu ia penyuruh Raja K-n-d-w-r-h dan Menteri Katapi dan empat orang pangalasan dan seorang juru bahasa serta <teman> teman2nya pada empat buah perahu yang pergi di Hujung Pandan pada tahun yang lalu hendak memberi maklum kepada Paduka Ayahandah Kompeni di Mangkasar, dipesertakan dengan lasykar seratus kapal yang dibawanya ke Mangkasar jua adanya……..
WARKAH D : CoD. Or. 2240-IA tgl 31 Oktober 1796
…….
Seperkara lagi, Paduka Anakanda Sri Sultan dan segala wazir menteri2nya bermaklumkan Paduka Ayahandah kompeni Heer Gurnadur Jenderal dan segala Raden van India di Betawi perihal sekarang ini sudah di dalam berperang dengan Negeri Wowoni antara tiga bulan. Segala raja2 dan menteri2 serta segala rakyat tiga ribu bilangan banyaknya yang pergi menyerang Negeri Wowoni telah banyak mati dan luka, dan senjata sudah banyak yang rusak, dan obat dan pelor sudah habis dalam perang kami. ….
……
Dari warkah surat tersebut dapat disimpulkan bahwa pada masa Sultan Mahyuddin terjadi sekaligus dua pemberontakan yang cukup merepotakan pemerintahaan Kesultanan Buton. pemberontakan pertama terjadi didaerah Barata Kulisusu namun pada bulan September 1791 Sapati dan Kapitalao berhasil menumpas aksi pemberontakan tersebut. Namun di tahun 1796 terjadi lagi pemberontakan yang besar di bagian daerah kadie Buton di pulau Wawoni Barata Wuna. Sebanyak 3000 prajurit raja-raja bersama mentrinya bergi berperang menggempur pemberontak, namun karena kurangnya persenjataan di sana pasukan banyak tewas dan luka-luka. Namun akhirnya aksi tersebut juga berhasil di tuntaskan.
b. Makar Daratan Wuna 1816-1824
sultan ke-27 La Badaru (Sultan Dayanu Asraruddin; 1799-1823) Pada tahun 1816 seorang bangsawan Bone, Arung Bakung, melakukan aksi makar di Barata Muna atas provokasi seorang ulama bernama Syarif Saleh. Arung Bakung mengawini putri Raja Tiworo, dan oleh karena itu ia cukup berpengaruh di Muna. Ia dan pengikutnya yang berasal Makassar dan Mindanao melakukan aksi separatisme terhadap Bau-bau. Arung Bakung menjadi sempalan bagi Buton selama bertahun-tahun. Dalam aksi pemberontakannya, ia dilindungi oleh Raja Konawe dan Laiwui (Zahari 1977: III, 23). Pemberontak ini baru menyerah pada tahun 1824 dibawah pimpinan Sultan Muhammad (Idrus Kaimuddin I; 1824-1851), dua tahun setelah Sultan Dayyan Asraruddin turun tahta (Suryadi; 2008).
C. Penutup
Demikianlah beberapa Intrik sosial politik yang terjadi semasa berdirinya kerajaan Buton sampai masa Kesultanan di awal abad ke-19. Satu “Sumpah” yang selalu dipegang dengan menghadapi segalah konsekwensinya. Keistimewaan Kejayaan dan Keagungan Kesultanan Buton, Sosial Budaya Buton, Kearifan Lokal, Manuskrip Kesultanan Buton, Aksara Wolio, Bendera Wolio, Lambang Kesultanan Buton, Benteng Keraton Buton, Istana Buton, Mata Uang Buton, Falsafah Buton, dan yang paling fenomenal adalah Undang – Undang Dasar Kesultanan Buton ( Tartabah Tujuh ) adalah bukti yang tidak terbantahkan bahwa sesungguhnya pernah Ada sebuah kerajaan kesultanan yang Agung dan mewarnai perjalanan perkembangan Nusantara. Berawal dari negeri yang miskin lalu menjadi daerah pusat perdagangan paling aman dan disegani di awal abad ke-20. Begitulah cara Kesultanan Buton membangun negrinya hingga bertahan lebih dari 600 tahun.
Sebagai kata penutup saya mengutip kata-kata Kapitalao Jitanggalawu yang juga pernah dikutip Suryadi dalam artikelnya
Karena Sahabat (Rusman Bahar) orang yang bebal lagi daif mengatur perkataan artikel ini, maka jikalau ada salah pun melainkan maaf juga kepada pembaca. Tamat.
Oleh: Rusman Bahar LM
Makassar 23 februari 2010
Rujukan
- Rabani La
Ode; 2004
Morfologi Dan Infrastruktur Kota Buton 1911-1964
The 1st International Conference Urban
History,, Surabaya, 23 rd-25th 2004:
-
mu'jizah 2007 Duka Cita Sultan Kaimuddin, Buton,Kepada
Raja Bone
- Horst
h. Liebner 2007, Sebuah Manuskrip Belanda Mengenai Kemalangan Armada VOC di
Pulau Kabaena, Mac-Mei 1650
-
jawa
Pos 10/2009 Nusantara, Festival Tutturangiana Andaala;
- Suryadi
2009, Temuan Dokumen Sejarah Sulawesi Tenggara: Surat Tertua Kerajaan Buton
dari Abad Ke-17; Kode Naskah K.Ak.98,
- Suryadi
2007, Warkah-Warkah Sultan Buton Muhyiuddin Abdul Gafur kepada Kompeni Belanda,
Koleksi Universiteitsbibliotheek Leiden;
-
zuhdi;1999,
Labu Rope Labu Wana;
-
Mane
Oba La Ode; 2009, Provinsi Buton Raya Suatu keniscayaan sejarah;
- Suryadi
15 maret 2008; Surat-Surat Sultan Buton, Dayyan Asraruddin dan Kaimuddin I. Koleksi
Universiteitsbibliotheek Leiden, Belanda
- Willard
A. Hanna & Des Alwi “ternate dan tidore, masah lalu penuh gejolak”pustaka
sinar harapan jakarta 1996.
wah artikelnya panjang bangat tapi kayaknya asik juga tuh.. buat pengatahuan tentang sejarah
Bascie,dalam artikel anda ada gambar 7 orang kalau boleh tau siapa mereka. terusterang saya juga punya gambar tersebut tapi tidak tau siapa2 yang ada dalam gambar tersebut, mohon penjelasannya.
dari tanah rantau
Makasih atas komentarnya. Buat tanah rantau, adapun nama2 dr gambar ke tujuh di Atas dari kiri ke kanan : Syech Yusuf, Lansirang, Arung Palakka Bawah : KH Harun, Petabarang, Amin Lapeo, Dt. Sangkala. (Www.rappang.com) namun adapula yang menyatakan kalau gambar atas kedua (tengah) adalah gambar oputa bula ulama berasal dr buton yang pernah menjadi imam di masjidil haram makkah (www.bumibuton.blogspot.com). Namun dalam artikel ini, sosok yang penulis ingin tampilkan yaitu arung palakka (kanan atas) raja bone, dimana beliau sangat erat hubungannya dengan sejarah buton, kisah arung palakka juga dapat menjelaskan hubungan yang baik antara kesultanan buton dan kerajaan bone, pencetus terjadinya perang buton di teluk bau-bau dan perang makassar. Sosok arung palakka di kagumi dan diidolakan bagi rakyat bugis. Jejaknya di tanah buton masih dapat di jumpai sampai sekarang.
taek anjink kok g ada yg nama nya laode seh anjink smua nya cok jncok kontol.......
buat anonim, kata2mu menunjukan nilai pada dirimu.. ;-)
artikel yang sangat bermanfaat bagi saya orang buton yang berada di perantauan. terimakasih Pak.
Sagat Membantu Bagi anak perantaw di Luar tanah Butuni
:)
Sejarah yang penuh tipudaya dan dusta.
artikel ini dapa menggugah pemikiran seluruh civitas generasi buton yg berada di tanah perantauan
bagi saya,, ini adalah artikel yg luar biasa n perlu ditumbuhkembangkan minatnya
as. saya rasa sejarah ini perlu di luruskan. tahun 1617-1623, terjadi peperangan antara muna dan buton. sapati baluwu menyerang muna dan ingin mengangkat seorang raja yang lain yang pro ke buton dan belanda, namun perang tersebut di menangkan oleh raja muna 12 sangia kaendea sehingga memaksa buton mencari bantuan belanda. suatu ketika armada buton dan belanda mengadakan pesta pora di atas kapal dan berlabu di pulau lima untuk melakukan perundingan dengan raja muna namun ternyata setelah raja muna dipanggil berunding ternyta tertipu oleh belnda dan buton karena beliau di tangkap dan di buang ke ternate (menjadi tahanan VOC. WD Wakelu akhirnya di angkat menjadi raja muna menggantikan suaminya dan melakukan perlawanan baik perang dan diplomasi sehingga memaksa buton dan belanda untuk menerima pengambilan kembali raja muna tersebut ke muna. kuatnya pengaruh kerajaan muna di buton membuat sapati baluwu di turunkan dengan paksa dari jabatannya dan anknya dari maria di nikahi oleh cucu sangia kaendea raja muna 14 ld husaini. jadi Maksar menyerang buton itu pada tahun 1661 M dan menaklukan kesultanan buton. maksar tidak menyerang muna karena musu kerajaan muna dan makasar adalah VOC dan Buton. wsalm
si Agung ini,,membuat tulisan sejarah sendiri..
ini pekerjaan orang muna yg tukang mengklaim bahwa buton dan belanda adalah sekutu..mereka selalu membuktikan hal ini dgn surat-menyurat yg terjadi antara sultan buton dan raja belanda..
padahal sesungguhnya Buton adalah negara berdaulat dan merdeka (sebelum adanya NKRI) yg berhak bekerjasama atau bermusuhan dengan kerajaan apapun demi kepentingan negerinya sendiri sebagai negara berdaulat..!!!
mau bukti???
Adalah sultan Buton ke- 20 dan 23 La Karambau ( Sultan Himayatuddin ; 1751-1752 dan 1760-1763) yang mencoba melakukan perlawanan terhadap arogansi dari Kompeni. La karambau tidak mengindahkan perjanjian 1667 yang dianggapnya sangat menguntungkan kompeni. Salah satunya aksinya yaiu dengan melakukan penyerangan terhadap kapal Rustenwerk milik kompeni Belanda di bawah pimpinan Kapten Mazius Tetting. Kejadian bermula pada saat Sultan mengirim beberapa orang menuju kekapal Belanda yang sedang berlabu di perairan Buton untuk menegosiasikan pembayaran. Namun kompeni tidak mau mau membayar ongkos berlabu dan akhirnya terjadi pertengkaran dan saling menyerang. Utusan Buton lalu membunuh dan menawan sebagian kelasinya dan menjarah isi kapal pada 28 juni 1752. Peristiwa tersebut membuat marah kompeni dan hubungan Buton-Belanda menjadi renggang. Kemarahan kompeni ditampilkan dengan meminta seribu orang budak sebagai ganti rugi. Bagi La Karambau hal ini tidak dapat kabulkan dan justru menentang permintaan dari pihak Kompeni tersebut. Akibat tindakan Sultan La Karambau, Kompeni Belanda mengirim pasukannya pada akhir 1752 di bawah pimpinan Johan Benelius menyerang Buton.....
dalam sejarah, muna hanyalah kerajaan kecil yg merupakan bagian dari buton..tak ada satupun dalam sejarah orang makassar bahwa org muna terlibat perang melawan belanda di maksssar. !!!
kalau ada orang muna yg jadi sultan di buton,, seperti LAkilaponto yg diklaim selama ini..
bukan berarti dia adalah org muna. tp dia adalah orang buton.
ibarat. orang yahudi masuk islam. hilanglah status keyahudiannya dan ia menjadi muslim. wallahu a'lam
lakina kobaena !!!
lakilaponto bukanlah orang muna..
tapi orang buton..
klaim orang muna bahwa lakilaponto adalah orang muna adalah pekerjaan orang muna-fik,perlu ditinjau kembali kebohongan sejarah tersebut yg dibuat oleh orang-orang munafik...!!!
100 persen saya gak yakin kebohongan sejarah tersebut !!!!
LA ODE PAndu Raja Muna terakhir pengganti LA ODE Dika, ditunjuk oleh kolonial belanda..
wah nyambung bangat Muna dan BElanda ye..
la kilaponto adalah raja muna ke 7 putra sugimanuru raja muna ke 6. mau tau silsilah raja di muna?
1. La Eli Baidul Zaman alias Remang rilangi yang menikah dengan wa tandriabeng. baca sejarah la galigo.
2. La Aka Koghua Bangkano Fotu
3. Sugia Amabno dia yang pertama bergelar sugi
4. Sugi Patani
5. Sugi La Ende
6. Sugi Manuru
7. La Kilaponto alis Murhum di buton dan La tolalaka di kendari
8. La Posaso
9. Rimpaisomba
10. Titakono
11.LD Saadudin
12. Sangia Kaendea LD Kadiri
13. LD Tugo
14.LD HUsaini
Jadi lakilaponto mana ada orang buton. raja wa kaka itu cewe kebapa gak ada suaminya? trus raja bula wambona siapa Bapknya? dalam sejarah muna wakaka menuikah dengan budak raja muna la tua sari yang diambil dari luwuk untuk mengambil enau untuk raja muna ke 2 koghua bangkano fotu. kalian tidak bisa melupakan sejarah itu dan buton di islamkan oleh orang muna. jadi jangan pitar balikan sejarah bro gak bagus untuk masa depan negeri buton yang dalam sejarah nasional tak pernah di sebut karena memihak belanda ok.
sultan buton la karambau itu orang muna karambau itu bahasa muna bro artinya kerbau karena badannya tinggi dan menolak interfensi belanda. emng di buton ada artinya karambau apa? kan itu bahasa muna bro hehhe. kalau mau baca sejarah muna cari saja buku Etnogarfish Overzich van moena yang di tulis J. Couvreur 1933-1935. ok. so kami punya sejarah asli dari negeri belanda. bukan sejarah karang-karang kaya kalian yang tak pernah jujur membuat sejarah. Dasar Belanda wolio
agung, kenapa kabur dari pertemanan kita di facebook????? takutkah kamu terbongkar kedokmu yg bermental penjajah??
inilah dia Raja Muna La Pandu yg diangkat oleh penjajah belanda yg anda banggakan, foto bareng sama opsir Penjajah Belanda tahun 1947 indonesia telah merdeka :
http://paviliunindonesia.blogspot.com/2010/08/kepala-syarat-muna-la-ode-pandu-1947.html
tidak puas, foto ini di pajang dan banggakan oleh sebgian orang muna yg bermental penjajah, dsini :
http://omodhi-gallery.blogspot.com/2008/04/kepala-syarat-muna-la-ode-pandu.html
kasihan,
coba anda bandingkan dengan foto Sultan Buton La Ode Falihi, berjuang untuk integrasi ke NKRI, ini dia fotonya, Sultan Buton, Raja Bone dan Pres. Soekarno, kompak berjuang mempertahankan NKRI dengan mengintegrasikan Negara Islam Kesultanan Buton ke dalam NKRI di MAlino-Maksssar.
ini bukti fotonya : http://ujungangin.blogspot.com/2010/12/mencari-sosok-pahlawan-nasional-di.html
by Rizal Buton
ini dia calon raja muna masa depan:
http://www.facebook.com/photo.php?fbid=111677858985443&set=a.111677855652110.20117.100004296884058&type=1&relevant_count=1
by rizal buton
aslm...
Artikel anda sangat menarik, namun ada beberapa hal yang perlu pelurusan, yakni :
1. Labolontio adalah raja kerajaan Tobelo yang kerajaannya di Tobelo (sekarang menjadi
wilayah kabupaten halmahera utara).
2. Kesultanan ternate maupun kesultanan di maluku kie raha tidak memerintahkan
labolontio untuk menyerang buton, tapi Labolontio kehilangan/ruang geraknya makin
sempit yang dibatasi oleh 4 kesultanan maluku kie raha (Tidore, Moti, makian dan
Ternate). Pembatasan ruang gerak tersebut akibat dia menghalngi dan menyerang
kerajaan moro di pulau Morotai yang ingin menghadiri perjanjian di pulau Moti
(perjanjian Tordisiles red)
3. Kesultanan di Maluku Kie Raha akan melakukan ekspansi pada suatu kerajaan jika
kerajaan tersebut menolak masuk islam atau kerajaan tersebut sebagai basis VOC.
Hormat
salnuddin di ternate
aslm ...
saudaraku, ada kesalahan fatal yang tertulis didalam artikel anda yakni :
saudara menyebutkan bahwa labolontio diperintahkan menyerang buton oleh Sultan Ternate ke-4 Sultan Baabullah Datu Sah (1570-1584) artinya sultan ternate ke-4 memerintah pada tahun.(1570-1584) ..... dst, sedangkan hasil peperangan dimenangkan oleh Lakilaponto dan diangkat menjadi raja ke-6 (1491-1527). ini berarti yang memberi perintah belum lahir namum pemenangnya sudah dilantik jadi raja.
hormat saya
salnuddin di ternate
begitulah sifat org muna nti di daerahnya sendiri br membanggakan MUNA-nya padahl klau di tanah rantau mereka mengaku orang BUTON, sangat....sangat malu sekali klo mengaku org muna (pas ditanya buton ap? dgn malu2 menjawab buton muna) hhhhae dasar MUNAFIK kau agung. perbaiki sejarahmu anu
Jayalah para Raja Buton, jayalah para Sultan Buton, jayalah masyarakat buton!
Perlu dikritisi bahwa segelintir masyarakat muna sampai skarang masih mewarisi jiwa makar para pendahulu mereka, insyaflah kalian kembalilah pada Kejayaan & pengakuan terhadap Kesultanan Buton!
@Agung: saudara cobalah anda kaji sejarah yang sebenar-benarnya! Wuna/Muna adalah bagian dari Kerajaan maupun sampai pada kesultanan Buton yg di sebut Bharata, yg jelas² merupakan bagian dari Buton, kamu belajar sejarah dari mana? Jangan² nenek moyang mu itu yg dulu pernah makar tapi ditumpas juga kan, harus akui dong kekuasaan Buton
Dan jangan sekali-kali memfitnah nenek moyang kami Kaomu Wolio bahwa WaKaaKaa kawin dengan budak, kalau saya kenal kamu sudah saya penggal kepalamu itu!!!!
Keaneka ragaman suku bangsa di negeri ini adalah bukti betapa luar biasanya negeri ini.
Salam hormat saya kepada raja-raja terdahulu (seluruh kerajaan Sulawesi) yang telah melukiskan sejarah panjang perjalanan negeri ini. semoga Mereka menjadi manusia mulia di sisi ALLAH.
sejarah itu bukanlah bahan percekcokan masa kini, banggalah kalian kepada sejarah kalian apapun itu, karna setiap penulis sejarah memiliki inovasi tersendiri untuk menggambarkan kisah-kisah hasil temuannya.
saya bukan keturunan yang berdarah "biru", namun saya bangga mempunya raja, raja buton, raja makassar, raja bone, raja muna, dan semua raja-raja yang lain yang tak sempat tersebutkan di pulau ini.
Damai, adalah kesejahteraan yang paling Purna.
he, he, he. bagi rekan, sahabat dan saudara saya. Jgnlah menunjukan kehebatan namun ternyata sangat picik dan idiot. Masa Sultan Murhum diandaikan orang yahudi yang masuk islam maka dia orang islam. Perpindahan agama bukan berarti menghilangkan identitas individu secara geografis. Lakilaponto tetaplah orang muna yang beragama islam dan menjadi Sultan Buton. Kesultanan Lakilaponto di Buton, adalah bentuk kemenangan orang muna terhadap buton yang diperoleh tidak melalui pertumpahan dara tetapi Lakilaponto mampu mengalahkan La Bolontio Penganggu Satabilitas keamanan di Buton, dan tidak satu orang Buton pun yang mampu mengalahkannya. Kemenangan Lakilaponto atas Labolontio adalah bentuk show of power terhadap masyarakat buton, "Pamer kekuatan" sehingga masyarakat buton takut dan segan. Maka diangkatlah La Kilaponto menjadi Sultan Buton. Saat itulah Buton menjadi milik orang-orang muna. Saat itulah orang buton berada dibawah jajah norang muna. Saat itulah Buton diperintah oleh orang Muna. Mudah-mudahan ini menjadi sugesti bagiu orang muna bahwa sesungguhnya Buton itu milik orang muna. he he he he Dlm sejarah kerajaan-kerajaan dinusantara, sudah menjadi tradisi penaklukan tdk saja dgn peperangan, tetapi juga melalui perkawinan, dan bentuk lain adalah Show of power" menunjukan kekuatan yg dimiliki kepada pihak lawan sehingga lawan merasa takut dan menyerah.
sesungguhnya kita bersaudara... devide et empera nya belanda yang berhasil membuat perpecahan... sungguh kasihan di saat generasi muda yang lain berpacu menguasai ilmu dan teknologi kita msh terkungkung dengan sejarah masa lalu... sudah jelas dlm alquran yang paling hebat yang paling baik amalnya (berbudi pekerti yang luhur) bukan sukunya... tidak ada jaminan bahwa kalau orang buton atau orang muna walaupun perbuatannya buruk akan tetap masuk surga, hehehe... jadi apa yang mau di banggakan...???? berarti kan sama saja to.. pertanyaan mendasar menurut saya adalah apakah orang buton hadir bersamaan dengan pulau buton? apakah orang muna hadir bersamaan dengan pulau muna? ataukah orang jawa misalnya hadir juga bersamaan dengan pulau jawa? logika pasti menjawab hadir dulu pulaunya baru datang penghuninya.. olehnya itu menurut saya pemikiran kedaerahan harus di buang jauh2... mari kita singsingkan lengan baju bahwa kita adalah pemuda-pemuda tangguh untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik..
yg komen di atas bilang tidak ada orang buton yg mampu melawan labolontio..????
begitu mi klo ko tidak tau..
yang bunuh labholontio itu kakatuna siompu
sayangnya dia tidak bukan golongan kaomu..
sya bangga sbgai org buton...hnya sja sbgai sesama mansia jngnlh kta slalu berbangga diri akn sjarah2 msa lalu...sjarah tetp kita hrgai,kita junjung...tetapi jngn smpai memech belah kita...apalg sperti ucpan saudara2 kita dri muna (La Ode Fajar@) Agung@...yg Tdk lain membanggakan kerajaan muna dan mnilai bhwa buton adlh merupakn wilayah kekuasaan muna...ini sngt keliru dan ucpn sperti ini sngt memprovokasi masyarakt buton khususnya....
pdahal jika kta melihat kenyataan2 yg ad...org muna slalu mengaku sbg suku buton..dimanapun mreka berada...hnya khusus disulawesi tenggara mreka mengakui bhwa mreka adlh suku Muna,tetp jika kita lihat dikota2 lain bhkan di luar negri...mreka slalu mengaku suku buton....dan anehnya jika ditanya lbih jauh mreka bilang "suku buton Muna"....hehehehe......lucu,idiot dan sngt aneh....mngapa mreka mnyembunyikan identitas kesukuan mreka...dan hal ini menandakan bhwa mreka tdk bangga memiliki darah suku muna.../mreka lbh bangga mnjadi bgian dri Suku Buton....perilaku ini jga memberikan gambaran kpda kita bhwa nma Buton lbih dikenal didunia internasional dan wilayah kekuasaan Buton meliputi wilayh2 sulawesi tenggara......
ilmu yg brmnfa't izin share..utk berbagi pngetahuan sesama generasi berdarah buton....
Waahh...Banyak Yang Belok Ni Sejarah...Muna Tidak Pernah Sekalipun Bekerja Sama Dengan Belanda...Hingga Indonesia Merdeka Buton Bekerja Sama Dengan Belanda Memerangi Muna dan Gowa Yng Tidak Mau Dijajah Oleh Belanda..Hingga Indonesia Merdeka Buton Tidak Pernah Menang Berperang Melawan Muna Meskipun Dibantu Oleh Belanda...Sebagai Politisi Butuon dan Belanda Beberapa Kali Mencoba Mengawinkan Putri Kerajaan dengan Putra Kerajaan Muna Tetapi Ditolak,,Raja Muna Diundang Oleh Buton dikapal Belanda Lalu Ditangkap dan Diasingkan Ke Ternate Namun Permaisuri Raja Berhasil Menaklukkan Buton dan Membawanya Kembali ...Jika Raja Muna Sugi Manuru tidak Mengirimkan Bantuan/Memerintahkan Lakilaponto Puteranya Untuk Membantu Peperangan Buton Melawan Bolontio Kira-kira bagaimana Buton Sekarang???Muna Kerajaan Paling Berdaulat dan Berintegritas Tinggi Di Sulawesi Tenggara...
tak ada gunanya membahas masa lampau karnabegitu banyakya fersiyang berbeda alhasil akan sia sia doank. kalau ingin mengetahui lebih dalam sejara dan perdaban kedua negri yakni buton dan muna haruslah suci lahir dan bathin serta suci hati nuraninya. amin
kenapa di negeri yang mayoritasnya islam banyak sekali anjing padahal yang kita tau anjing adalah binatang yang diharamkan oleh islam mohon penjelasanya.
Begitu.mi orang Muna kone... Maklum saja mau pengen Besar juga.. Haahahha.....
Lantaran egonya daerahx mereka.. Jd daerah tertinggal... Hahaha....
alhamdulillahirabbil'alamin...sangat legah dan sangat jelas artikel yang dimuat oleh para generasi buton yang peduli dengan sejarah buton..semoga susunan sejarah tersebut dapat menjadi bekal dan pedoman untuk generasi butuni dalam menatap masa depan yang cerah karena para leluhur telah membuktikan perjuangannya dengan gagah berani, tawakkal, dan patriotik dalam mempertahankan kedaulatan negeri buton. trimaksih.
Yg bunuh Labolontio it bukan Lakilaponto tetapi Kakatuna Siompu.. itu di buktikan dgn Kepala Labolontio ada di siompu..
Artikelnya sangat membantu generasi muda Buton yang ingin mengetahui sejarah buton. Terimakasih
bukti bahwa dahulu kerajaan muna dan buton adalah 2 kerajaan yg saling berdaulat adalah pertukaran wilayah kekuasaan di antara 2 pulau. raja lakilaponto(sultan murhum) meminta daerah muna selatan (pulau gu dan kadatua) kepada saudaranya la posasu (raja muna 8) untuk ditukar dengan daerah yg sekarang bernama buton utara. ini menunjukan bahwa dahulu 2 kerajaan ini saling bersahabat dan saling menghormati sebelum belanda datang memecah belah.
Lw ni sya prcya krna ad nma kakek moyang q......heeee
Bolehkah saya belajar sejarah buton lebih jauh terutama kepulauan wakatobi,karena orang tua saya orang buton,tapi ibu saya besar di maluku utara khususnya obi, karena kakek saya nikah sama orang maluku utara juga.
Salam dari penggila ilmu pengetahuan.
hal yg menguatkan sejarah adanya orang buton dimana2 daerah demikian juga muna hanya gk sebanding dgn banyakx masyarakat buton yg mendiami beberapa daerah kalo masyarakat buton gk kuat otomatis akan punah dgn adax pertikaian.... saya mencintai keduax buton muna. kakek saya muna dan nenek saya buton. bapak saya buton muna dan mama saya buton cia cia......☺☺☺☺☺☺
Good untuk artikelnya
semoga kita semua dapat mengambil Hikmah dari sebuah peristiwa Sejarah, siapapun raja yang mempimpin di Negeri Buton, Muna, Makasar,Bone dan Raja2 lainnya di NKRI adalah milik Bangsa Indonesia, benar-benar yakinkah kita bahwa Raja-raj/Sultan yang memimpin saat itu asli Orang "maaf" Buton, Muna, Bone , Makssar, dan Raja Lainnya asli dari keturunan tempat ia memimpin, maaf menurut saya kita sudah melupankan asal, Kita Semua berasal dari turunan Adam yang berarti kita semua Bersaudara. dari sejarah yang kita baca dan ketahui saat ini baiknya yangt kita lakukan adalah menggali buah pemikirkan Raja-raja/Sultan pada jaman Pra Kemerdekaan RI meraka dapat membangun Kekuasaan di wilayah masing-masing untuk kemaslahatan Rakyatnya.
Artikel ini menarik, sayangnya beberapa teman kita membuat komentar yg mengandung provokasi..
Sy lihat yg disajikan disini sarat dgn sumber2 yg otentik. Tdk ada yg saya tangkap memunculkan ego kedaerahan, semata ingin mengungkap fakta berdasarkan literasi yg dimiliki. Maka alangkah naifnya org2 yg berkomentar tanpa dasar ataupun karya nyata. Jadi saran saya, kritik yg membangun itu adalah kritik jg dgn karya, menulislah, dgn catatan sesuai kaidah yg baku dan bernilai akademis..
Salam santun dariku...
Sedikit menambahkan.
Saya Muna dan saya juga Buton..
Beberapa perbedaan cara pandang dan sikap politik dari Kerajaan Muna dan Kesultanan Buton dlm menyikapi perubahan yg terjadi dlm iklim wilayahnya harus kita maklumi, sehebat atau seburuk apapun itu, dia telah menjadi sejarah..
Semuanya patut dihargai.. sebuah keputusan politik yg menjadi fakta kerugian dlm periode kesejahrahan mereka, tidak lantas terburu buru kita menemukan alasan utk menghina dan mencemooh mereka.. Siapalah kita?
Kalo anda menghadapi suatu masalah hnya dgn bahasa suka dan tdk suka, sangat disayangkan. Sy pun tak mampu dan tak boleh mengklaim anda itu apa.. Jadi, mari bikin sejarah masing2 yg lebih cerlang cemerlang dgn gilang gemilang supaya saatnya nanti anak cucu kita yg mendiskusikan ttg kita di generasi mereka, semoga tdk ada makian cuma pujian jua.
Salam santun dariku...
DASAR BUTON PENAKUT!
Betul sekali...
Maaf Saya copy ya karna tulisannya kecil supaya bisa dibaca n jadi referensi sy tks
Hahaha
Dari segi apapun buton daerah yg jauh lebih maju dari muna.
LEBIH COCOK MUNA JADI NUSAKAMBANGAN 2